Dec 18, 2008

Tafsir Ibn Al Arabi

assalamualaikumwarahmatullah..
Saya berharap ada seseorang yg dapat menjelaskan kepada saya tentang tafsir ibnu arabi..dari segi biografinya,cara pentafsirannya dan siapakah Ibnu Arabi???


Wassalam
Jawab:
Nama kunyahnya bukan Ibn Arabi tapi Ibn alArabi. Jika Ibn Arabi merujuk pada seorang ahli sufi yg sesat (ajaran wehdatul Wujud)
nama penuh: alImam 'allamah alHafeedz alQadhi Abu Bakar Muhammad bin AbduLlah bin Muhammad bin Abdullah bin alArabi alAndalusi. Lahir 468H, meninggal 543H kelahiran Kerajaan Islam Spain.
Kitab Tafsir Ibn Arabi ada tiga:
a. Tafsir Ahkam
b. Kitab alQanun fi Tafsir alQur:an alAzeez
c. Kitab Anwar alFajr fi Tafsir alQur:an
Sebagai ahli feqah bermadzhab Maliki dan seorang Qadhi, Tafseer Ibn alArabi menjurus pada fiqih (khususnya Malikiah)
WA

4 comments:

Anonymous said...

hati hati kalo menulis..jgn seenaknya menuduh seseorang itu sesat..

Nurul Nadiah said...

that's right...terdapat dua orang arabi..

Perbedaan antara keduanya jelas sekali. Ibnu Arabi tanpa (al) adalah seorang atheis yang terkenal, orang yang mengatakan wihdatul wujud. Dia termasuk salah satu tokoh sufi ekstrim yang menyeru untuk menjadi atheis dan mengatakan wihdatul wujud. Diantara kitabnya yang paling jelek adalah “Al Futuuhaat Al Makiyyah” dan “Fushushul Hikam”. Kedua kitab tersebut adalah kitab-kitab yang mengajak kepada ajaran atheis yang mengatakan wihdatul wujud, yaitu tidak membedakan antara Khaliq dan Makhluk.

Adapun Ibnu Al Arabi dengan (al) dia adalah seorang Imam besar yang terkenal : Abu Bakar bin Al Arabi Al Maliki. Beliau memiliki banyak tulisan yang besar, baik dalam bidang hadits maupun tafsir. Beliau juga punya sebuah kitab yang agung dalam membela para sahabat yang beliau namakan : “Al ‘Awaashim minal Qawaashim”.

wallahu a'lam...

Anonymous said...

wahabi

Unknown said...

Ilmu km tidak seujung rambut ilmu ibnu arabi. PANTAS lah bila km bilang sesat. Ketahuilah , bgmn bisa org yg belum pernah baca buku nya dan memahami dg pemahaman penulis bisa brkta ini dan itu ttg pnulis. Km ibarat org yg pura pura bisa menggambarkan surga sedangkan km belum pernah melihatnya dan memasuki nya. mk kalau km bisa bilang bgini dan begitu itu kan artinya km yg bahlul dan sesat,

Post a Comment